Arti dan Makna Puasa

Halo..Halo...
Masih dengan tempa Puasa, kali ini saya akan beritahu anda Arti dan Makna Puasa.
Tanpa panjang lebar capek nulisnya, mari kita baca ini dia...

Banyak orang belum tahu bahwa kata puasa sebenarnya berasal dari Bahasa Sansekerta.Sedangkan Menurut Bahasa Arab, puasa berasal dari kata shaum atau shiam.Dan Menurut Bahasa Indonesia, puasa artinya menahan diri. Kata menahan diri terdiri dari beberapa arti, seperti menahan diri untuk tidak makan dan minum serta tidak melakukan hubungan suami istri selama waktu tertentu (siang hari ). Puasa sendiri dikenal oleh seluruh bangsa di dunia, seperti Indonesia, Mesir kuno,Arab, dan masih banyak lagi. Puasa juga dilakukan oleh hampir seluruh penganut agama, baik Katholik, Kristen, Hindhu ataupun Budha. Mengapa demikian ? , Karena puasa dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan sampai berat.

Puasa menurut Islam lebih universal, dan bukan hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum, namun juga menahan diri dari semua hal yang dilarang oleh Allah, seperti contoh bertahan dari godaan maksiat dan menjauhi perbuatan keji, juga menjauhi perbuatan yang tidak terpuji lahir dan batin. Puasa di bulan Ramadhan, merupakan bulan untuk perenungan dan intropeksi mengenai perilaku diri, dan sekaligus mengakui kelebihan dari orang lain. Oleh karena sedang berpuasa, maka mulut akan terjaga dari kata-kata kotor, caci maki, mengumbar aib orang dan berusaha untuk tidak menyakiti perasaan orang lain.

Umat Islam diwajibkan menjalani puasa (Q.S.Al-Baqarah:183) dengan penuh kesadaran dan ketulusan. Syarat paling penting dalam berpuasa adalah Niat. Tanpa niat semua hal yang kita lakukan takkan berarti. Miat puasa ini harus dilakukan dalam hati, karena percuma saja, jika kita berniat puasa tetapi hati kita koaong. Maka dari itu, selain diucapkan dengan kata-kata, kita harus berniat dalam lubuk hati yang paling dalam. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dari Allah. Setiap waktu luang yang ada selama menjalankan puasa, dapat diisi dengan pertaubatan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat, banyak berdoa dan berzikir juga bersedekah kepada fakir miskin, dan aktif dalam kegiatan keagamaan.

Sementara,puasa sendiri merupakan suatu proses menjadi orang yang lebih bertakwa kepada Allah. Maka dari itu, tidaklah benar bila kesempatan berpuasa sekali dalam setahun harus lewat begitu saja, karena kesempatan di bulan ini sangat baik untuk memperkaya diri dengan mencari pahala sebanyak-banyaknya.
Nah, bagaimana anda pasti ssekarang sudah tau  kan Arti dan Makna Puasa. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Dan, sekian yang dapat saya berikan untuk anda..
Selamat Berpuasa bagi yang menjalani.
Thanks dan Salam..

Source : beritanet

8 Responses to "Arti dan Makna Puasa"

  1. kata puasa itu berasal dari kata pawasa ( sangsekerta ) yang berarti "penyiksaan". sebenarnya akan lebih baik jika kita menyebutnya dengan ibadah saum. karena ibadah dibulan ramadhan sama sekali bukan penyiksaan iya kan? hehehe


    maaf klo salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks koreksinya kang....
      Nanti kalo udah bisa login blogger diganti..Thanks for Come...

      Delete

Silahkan Berkomentar
1. No SARA
2. No Spam
3. No Ads / No Iklan

Thanks for Come :)