Tindakan Ekonomi




tindakan ekonomi
Pelajaran ini adalah lanjutan dari Pemanfaatan SDA . Langsung aja ni dia,..

      Manusia adalah makhluk ekonomi yang mempunyai pemikiran rasional, oleh karena itu tindakan ekonomi dilakukan secara rasional. Manusia dapat membedakan mana kebutuhan yang harus didahulukan dan yang tidak didahulukan. Dia dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk bagi kelangsungan hidupnya.
      Suatu tindakan yang dilakukan manusia untuk mengatasi ketidakseimbangan antara kebutuhan  manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas disebut tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi juga dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan yang dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan yang dilakukan dengan hasil yang diperoleh . Termasuk didalam Tindakan ekonomi adalah dalam kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi .
   

          Tindakan ekonomi dapat dibedakan   menjadi tindakan ekonomi rasional dan irrasional .
  1. Tindakan ekonomi rasional adalah setiap tindakan manusia yang dilandasi atas dasar pilihan yang paling baik dan menguntungkan. Contohnya adalah . Jodi membeli layang-layang di warung, karena tidak rumit dan langsung dipakai.
  2. Tindakan ekonomi irrasional adalah setiap tindakan manusia dimana menurut perkiraan kita menguntungkan, tetapi ternyata merugikan . Contohnya adalah,. Nina pergi ke sekolah dengan naik bus padahal kjaraknya hanya 2 km dengan alasan lebih praktis dan hemat ongkos darpada bersepeda. Padahal apabila diperhitungkan lebih murah memakai sepeda ketimbang naik bus.
Dalam melakukan tindakan ekonomi kita harus melakukan sebagai berikut :
  • Menentukan Pilihan Penentuan pilihan yang dilakukan harus setepat-tepatnya dan menentukan prioritas kebutuhan  untuk barang / jasa. Yang paling mendesak, kurang mendesak dan tidak mendesak.
  • Memanfaatkan Peluang Dalam memanfaatkan peluang kita harus melakuknnya dengan sebaik-baiknya. Peluang memang belum tentu ada,. oleh karena itu kita harus memanfaatkan setiap peluang yang ada.
       Mengingat keterbatasan sumber daya , tindakan ekonomi seharusnya dilakukan secara rasional . Sebab jika tidak, akan menebabkan ketidak seimbangan dalam hidup.

Nah temen-temen sekian dulu dari saya..

0 Response to "Tindakan Ekonomi"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar
1. No SARA
2. No Spam
3. No Ads / No Iklan

Thanks for Come :)